Analisis Saluran dan Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras di PT Manuba Unggas Jaya Kabupaten Barru
Abstract
Saluran pemasaran (marketing channels) merupakan sekelompok organisasi yang saling bergantung, mempunyai beragam fungsi serta terlibat dalam pembuatan produk atau jasa yang disediakan untuk digunakan atau dikomsumsi. Efisiensi pemasaran merupakan tolak ukur dari produktivitas proses pemasaran telur ayam ras dengan membandingkan sumber daya atau biaya yang digunakan terhadap output yang dihasilkan selama berlangsungnya proses pemasaran. Efisiensi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah hal-hal yang mendukung ayam ras di PT Manuba Unggas Jaya Kabupaten Barru. Penelitian ini dilaksanakan pada Maret-April 2024 di PT Manuba Unggas Jaya Kabupaten Barru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara. Hasil penelitian memperoleh : (1) Saluran pemasaran Telur Ayam Ras di PT Manuba Unggas Jaya terdapat tiga bentuk saluan pemasaran yaitu: Produsen → Konsumen, Produsen → Pengecer → Konsumen dan Produsen → Pedagang Besar→ Pengecer → Konsumen. (2) Biaya pemasaran Telur Ayam Ras di PT Manuba Unggas Jaya paling tinggi terdapat pada saluran pemasaran III yaitu sebesar Rp46.500. Margin pemasaran Telur Ayam Ras di PT Manuba Unggas Jaya paling tinggi terdapat pada saluran pemasaran III yaitu sebesar Rp6.000. Farmer’s share pemasaran Telur Ayam Ras di PT Manuba Unggas Jaya tertinggi terdapat pada saluran pemasaran I yaitu memiliki farmer’s share 100%. (3) Efisiensi pemasaran Telur Ayam Ras di PT Manuba Unggas Jaya yang dilihat dari segi biaya pemasaran, margin pemasaran, dan farmer’s share, saluran pemasaran paling efisien adalah saluran pemasaran I karena margin pemasaran yang paling rendah dan farmer’s share yang paling tinggi.