Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Dangke di Usaha Dangke Melona
Abstract
Susu sapi perah adalah produk yang penting dalam industri peternakan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Dangke adalah makanan tradisional khas Sulawesi Selatan dan merupakan indigenous produk Kabupaten Enrekang. Dangke diproduksi dari susu sapi melalui proses fermentasi secara tradisional dan dicampurkan dengan getah papaya (Enzim Papain) dengan proses pemanasan sederhana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian produk dangke di Usaha Dangke Melona Kabupaten Enrekang pada tahun 2024. Analisis preferensi digunakan untuk mengidentifikasi preferensi konsumen terhadap produk dangke. Analisis preferensi diperlukan untuk meningkatkan daya saing, kepuasan konsumen dan mengembangkan strategi pemasaran Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabiltasnya. Analisis data yang digunakan untuk menentukan preferensi konsumen adalah analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen terhadap produk dangke di Usaha Dangke Melona adalah produk dangke yang memiliki aroma wangi keju , rasa yang pahit, tekstur yang agak kasar, harga mahal ( Rp45.000,00) dan kemasan dengan kualitas yang baik. Atribut yang paling penting dalam memilih dan membeli produk dangke adalah aroma (23,256). Nilai korelasi baik dengan metode Pearson’s R dan Kendall’s tau masing-masing 0,005 dan 0,013 0,05 artinya ketepatan penilaian aktual dan penilaian berdasarkan hasil estimasi telah signifikan.