Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Penjualan Karkas Ayam Broiler di Pasar Sentral Pangkajene Kabupaten Pangkep
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis karakteristik konsumen dan karakteristik produk karkas ayam broiler pada Pasar Sentral Pangkajene Kabupaten Pangkep serta untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap karkas ayam broiler pada Pasar Sentral Pangkajene Kabupaten Pangkep. Konsumen dalam pembelian karkas ayan memiliki karakteristik yang berbeda-beda, karakteristik masing-masing konsumen yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Tingkat kepuasan konsumen diteliti untuk mengetahui kepuasan maupun ketidakpuasan yang diterima konsumen setelah melakukan pembelian karkas ayam broiler. Alat mengukur kepuasan konsumen adalah metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) karena merupakan integrasi metode pendekatan analisis strategi peningkatan kepuasan. Selanjutnya melihat strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara pengamatan. Strategi yang dimaksud adalah strategi pemasaran yang digunakan meliputi : strategi produk, harga, tempat, promosi, orang, lingkungan fisik, proses. Tingkat Kepuasan Konsumen karkas ayam broiler pada Pasar Sentral Pangkajene berdasarkan Important Performance Analysis (IPA) memperlihatkan prioritas utama adalah atribut tekstur pada karkas ayam broiler dan ketersediaan karkas ayam broiler. Berdasarkan indeks kepuasan konsumen karkas ayam broiler pada Pasar Sentral Pangkajene semua atribut dikatakan puas berdasarkan Customer Satisfaction Indekx (CSI) yang diperoleh adalah 1,00 atau 99,68%. Perbaikan atribut yang diperoleh melalui IPA diharapkan dapat meningkatkan nilai CSI hingga 100%.