Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penetapan Harga Jual Telur di PT Cahaya Mario Brother Group
Abstract
Telur dikenal sebagai bahan pangan sumber protein berkualitas tinggi. Telur memiliki banyak keunggulan misalnya, kandungan gizi telur yang tinggi, harganya relatif murah dibanding dengan sumber protein lainnya. Faktor permasalahan dalam suatu perusahaan adalah penetapan harga dimana ketika perusahaan harus menentukan harga untuk pertama kali. Penetapan harga merupakan tugas kritis yang menunjang keberhasilan operasi organisasi profit maupun non-profit. Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang mendatangkan pendapatan bagi perusahaan. Perusahaan haruslah mempertimbangkan banyak faktor dalam menyusun kebijakan menetapkan harga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga jual telur di PT Cahaya Mario Brother Group. Peinelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2022 yang berlokasi di PT Cahaya Mario Brother Group, Kabupaten Sidrap. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kriteria sampel internal yang terdiri dari pihak perusahaan PT Cahaya Mario Brother Group yaitu berjumlah 6 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, wawancara, observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan faktor biaya produksi (0.023) mempengaruhi penetapan harga jual telur ayam sedangkan permintaan (0.469) dan harga pasar (0.158) tidak mempengaruhi penetapan harga jual telur ayam berdasarkan uji yang dilakukan. Berdasarkan hasil koefisien determinan, pengaruh biaya produksi, permintaan dan harga pasar terhadap penetapan harga jual telur sebesar 95,9% dan 4,1% terdapat pengaruh faktor-faktor lain yang mempengaruhi penetapan harga jual telur yang tidak termasuk dalam variabel penelitian.