Pelatihan Penerapan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM Perikanan di Kabupaten Pangkep

  • Wahyuni Zam Program Studi Agribisnis Perikanan, Jurusan Bisnis, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Nur Alam Kasim Program Studi Agribisnis Perikanan, Jurusan Bisnis, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Megawati Megawati Program Studi Agribisnis Perikanan, Jurusan Bisnis, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Rasda Rasda Program Studi Agribisnis Perikanan, Jurusan Bisnis, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: pemasaran, pemasaran digital, online

Abstract

Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah di Indonesia sebagai penghasil produk sektor perikanan terbesar di Indonesia. Salah satu sentra produksi hasil perikanan di Sulawesi Selatan yaitu kabupaten Pangkep. Hal ini berdampak pada banyaknya usaha kecil, menengah koperasi (UMKM) sektor perikanan di Kabupaten Pangkep yang cukup memadai untuk dikembangkan. Pengembangan UMKM sektor perikanan tersebut melalui Digital marketing. Digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek maupun produk menggunakan media digital. Tujuan dari kegiatan pengabdian yaitu agar UMKM bisa beradaptasi dan bisa mengkolaborasikan media promosi dan media pemasaran berbasis digital agar UMKM sektor perikanan bisa berkembang. Metode yang dilakukan adalah demonstrasi dan peragaan, melalui pelatihan, praktek dan pendampingan mengenai peningkatan keterampilan masyarakat dalam pemanfaatan digital marketing serta cara memasarkan produk perikanan melalui media online. Masyarakat Desa Pitue mengikuti kegiatan pengabdian dengan antusias dan aktif dan peserta pelatihan ikut mempraktekkan cara memasarkan produk perikanan secara digital. Kegiatan pelatihan bersifat dua arah, sehingga peserta dapat melakukan diskusi jika ada permasalahan dalam melakukan kegiatan tersebut. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat diharapkan akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pemasaran hasil perikanan secara online, dapat menumbuhkembangkan UMKM sektor perikanan di masyarakat, dan dapat dijadikan sebagai bagian dari pemasaran utama terkait SEO, Google Bisnisku, WhatsApp Business, Design Grafis dengan Canvas, Facebook Ads dan Instagram Ads sehingga dapat meningkatkan akselerasi dan pegembangan UMKM sektor perikanan di kabupaten Pangkep.

Published
2024-12-21