Peningkatan Kemampuan Vocabulary dan Speaking Siswa dengan Menggunakan Metode English for Specific Purpose (ESP) di SMA Negeri 9 Kabupaten Pangkep

  • Sabaruddin Sabaruddin Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan, Teknologi Produksi Pertanian , Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Faisal Jafar Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan, Teknologi Produksi Pertanian , Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
Keywords: English for Specific Purposes, speaking, vocabulary

Abstract

Penguasaan vocabulary dan kemampuan berbicara merupakan dua aspek penting dalam pembelajaran bahasa Inggris, terutama di era global saat ini. Latar belakang pengabdian ini berfokus pada kebutuhan siswa SMA Negeri 9 Pangkep yang mengalami kesulitan dalam kedua aspek tersebut, yang dapat menghambat kemampuan komunikasi mereka. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan vocabulary dan kemampuan speaking siswa melalui pendekatan English for Specific Purposes (ESP). Jumlah siswa yang menjadi peserta pengabdian ini sebanyak 30 siswa.  Metode pelaksanaan yang digunakan adalah pendekatan praktis dan kontekstual, di mana siswa diajak berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan yang relevan dengan kebutuhan mereka, seperti diskusi kelompok, presentasi, dan permainan bahasa. Kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa sesi yang diakhiri dengan evaluasi untuk mengukur perkembangan siswa. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam penguasaan vocabulary siswa, serta kemampuan speaking yang lebih percaya diri dan lancar. Evaluasi pasca-kegiatan menunjukkan bahwa peningkatan persentase dalam kedua aspek ini mencapai 75.1%, menunjukkan bahwa program tersebut sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Ini mungkin menunjukkan peningkatan tidak hanya dalam fluency tetapi juga dalam kepercayaan diri siswa saat berbicara. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa pendekatan ESP dapat menjadi metode efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa, khususnya dalam penguasaan vocabulary dan kemampuan berbicara. Rekomendasi untuk pengembangan selanjutnya adalah penerapan pendekatan serupa di sekolah-sekolah lain untuk menjangkau lebih banyak siswa.

Published
2024-12-21