Optimalisasi Promosi Produk Melalui Pengembangan Keterampilan Konten Narasi dengan Aplikasi Kecerdasan Buatan

  • Arwini Arisandi Agroindustri, Teknologi Pertanian, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Ismail Gaffar Agroindustri, Teknologi Pertanian, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Andi Ridwan Makkulawu Agroindustri, Teknologi Pertanian, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: Pemasaran digital, UMKM, Kecerdasan buatan, Brand produk

Abstract

Di era modern, perubahan dalam dunia usaha dipicu oleh kemajuan teknologi dan internet, yang memperluas aksesibilitas transaksi perdagangan dan promosi. Persaingan bisnis semakin dipengaruhi oleh teknik pemasaran digital, yang memerlukan inovasi strategi. Rendahnya tingkat baca masyarakat Indonesia, yang hanya sekitar 10%, berdampak pada kemampuan pelaku UMKM dalam mendeskripsikan produk, yang sangat penting untuk meningkatkan kesadaran merek. Teknik pemasaran digital yang efektif melibatkan iklan digital dan media sosial, serta partisipasi pelanggan dalam pengembangan produk. Program pengabdian ini bertujuan memberikan pemahaman kepada pelaku usaha olahan jamur tiram tentang teknik pemasaran melalui deskripsi produk yang informatif dan menarik. Dimulai dengan identifikasi masalah melalui wawancara mendalam dengan pelaku usaha, program ini fokus pada peningkatan kemampuan pemasaran digital. Penyuluhan dan pelatihan pembuatan konten narasi dilakukan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu pelaku usaha dalam menyusun teks promosi yang lebih menarik dan efektif. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta dalam menyusun teks promosi dan menggunakan ChatGPT, serta menerapkan narasi ke platform media sosial. Sebelum pelatihan, pengetahuan peserta tergolong rendah, namun setelah pelatihan, pengetahuan mereka meningkat secara signifikan. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti efektif dalam memperkuat keterampilan pemasaran, sehingga dapat berdampak positif pada brand produk dan meningkatkan daya saing pelaku usaha di pasar yang semakin kompetitif.

Published
2024-12-21