Analisis Efisiensi Pemasaran Usaha Jeruk Pamelo (Citrus Maxima) di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan

  • Asriany Asriany Prodi Administrasi Bisnis Internasional, Jurusan Bisnis, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Ifadhila Ifadhila Prodi Administrasi Bisnis Internasional, Jurusan Bisnis, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Keywords: Saluran Pemasaran, Fungsi Pemasaran, Market Share, Farmer’s Share, Margin Pemasaran dan Efisiensi Pemasaran

Abstract

Jeruk pamelo merupakan salah satu komoditas unggulan Kabupaten Pangkep, yang memiliki potensi ekonomi yang besar namun seringkali menghadapi kendala dalam distribusi yang efisien. Bahwa masalah yang ada pada proses pemasaran jeruk pamelo akan sangat berpengaruh terhadap sistem pemasaran jeruk pamelo, khususnya tingkat efisiensi yang ada dalam saluran distribusinya. Tujuan penelitian ini mengetahui model saluran pemasaran, fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku pasar, dan menganalisis tingkat efisiensi pemasaran Usaha jeruk Pamelo di Kabupaten Pangkep. Metode analisis yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan market share, farmer's share, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan, saluran pemasaran usaha jeruk pamelo terdiri dari 5 model saluran. Fungsi pemasaran yang terjadi adalah fungsi pertukaran yang berupa kegiatan penjualan dan pembelian dilakukan semua tingkat lembaga pemasar, kecuali petani jeruk tidak melakukan pembelian. Fungsi Fisik yakni penyimpanan, pengumpulan, pengemasan dan pengangkutan, semua lembaga pemasar melakukan kecuali petani jeruk dan Pengecer tidak melakukan pengumpulan. Fungsi fasilitas yakni sortasi, standarisasi, penanggungan resiko, pembiayaan, informasi pasar semua lembaga pemasar melakukan  tanpa  terkecuali.  Fungsi  lainnya  yaitu  pelayanan  langsung  dilakukan  pedagang  pengecer , penyedia produk berkelanjutan dilakukan pedagang pengecer dan pedagang antar pulau. Pemasaran jeruk pamelo di Kabupaten Pangkep yang dipasarkan melalui 5 (lima) saluran pemasaran belum efisien secara keseluruhan. Hal ini dilihat dari kelima saluran pamasaran berdasarkan kriteria efisiensi maka saluran III dan IV adalah efisien karena saluran ketiga dan keempat memiliki rasio efisiensi dibawah 50% yaitu 46,28% dan 41,67%, sedangkan saluran pemasaran I, II dan V tidak efisien karena rasio berada diatas 50% yaitu 63,81%, 80,59% dan 55,30%.

Published
2024-12-21