Optimasi Diversifikasi Olahan Tanaman Indigofera Sebagai Pakan Lokal Berprotein Tinggi di Kabupaten Maros

  • Nirawati Nirawati Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan, Universitas Muslim Maros
  • Mirnawati Mirnawati Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Peternakan dan kehutanan, Universitas Muslim Maros
  • Hadija Hadija Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan, Universitas Muslim Maros
  • Hajar Hajar Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Keuangan, Universitas Muslim Maros
Keywords: Diversifikasi, indigofera, olahan, pakan, pelet

Abstract

Tanaman indigofera merupakan tanaman yang sangat potensial untuk dijadikan produk olahan pakan yang berprotein tinggi. Kelompok Taruna Tani kampoeng ce’de memiliki visi menyediakan kebutuhan bahan baku, produk olahan organik, dan pakan bernutrisi tinggi dan misi untuk mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan, meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan pengabdian ini sejalan dengan visi dan misi kelompok taruna tani Kampoeng ce’de. Tujuan kegiatan PMP ini adalah (a) pemanfaatan sumberdaya lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, (b) Meningkatkan nilai tambah produk olahan indigofera dengan menghasilkan produk pakan olahan berupa pelet ikan Nila yang berbahan dasar indigofera dan (c) meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan indigofera. Pelaksanaan Kegiatan PMP ini dilakukan dengan metode Bimbingan teknis pembuatan Pakan berupa pelet dan pelatihan terkait pemanfaatan tanaman indigofera sebagai tanaman yang bernutrisi tinggi dan pelatihan terkait manajemen pemasaran dan digital Marketing. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan PMP ini adalah Pengembangan aksi teknologi produksi olahan pakan indigofera yang inovatif dan berkualitas menjadi produk berupa pelet ikan Nila, peningkatan pengetahuan mitra tentang Tanaman indigofera sebagai pakan lokal berprotein tinggi meningkat dari 38% menjadi 80,4 % dan peningkatan pengetahuan mitra tentang Manajemen pemasaran dan digital marketing mengalami peningkatan dari 32,80 menjadi 74 %. Hasil Output yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah produk pakan ikan Nila bernutrisi yang memiliki kandungan protein tinggi yaitu 37%.

Published
2023-12-28