Preferensi Konsumen Dalam Memilih Daging Ayam Broiler di Pasar Tradisional Kecamatan Suwawa

  • St Aisyah R Program Studi Agribisnis, Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Preferensi konsumen; daging ayam broiler; pengambilan keputusan, atribut, pasar tradisional

Abstract

Masyarakat umum menyukai dan mengkonsumsi daging ayam broiler sehingga menjadikannya sebagai sumber protein hewani yang penting. Untuk meningkatkan konsumsi daging ayam broiler, penting untuk menyertakan data preferensi konsumen dalam setiap pilihan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis atribut daging ayam broiler yang menjadi preferensi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2023 di sebuah pasar tradisional di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang yang diperoleh melalui accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metodologi pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara langsung kepada konsumen dengan menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Data dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen mempunyai preferensi terhadap daging ayam segar. Konsumen mengutamakan atribut harga, ukuran, tekstur penting, kebersihan, aroma, dan kandungan gizi. Konsumen mempertimbangkan atribut-atribut tersebut ketika memutuskan untuk membeli daging ayam broiler di pasar tradisional.

Published
2023-12-24