Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Inggris Pertanian Melalui Pendekatan English for Spesific Purposes (ESP) di Jurusan Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

  • Sabaruddin Sabaruddin Jurusan Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan
  • Amriani Hambali Jurusan Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan
  • Faisal Jafar Jurusan Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan
Keywords: persepsi, efek, pendekatan ESP

Abstract

English for Spesifik Purposes (ESP) adalah suatu pendekatan pengajaran dan penggunaan bahasa Inggris untuk disiplin ilmu dan kajian tertentu yang memenuhi kebutuhan disiplin ilmu dan profesi yang menggunakan bahasa Inggris seperti bahasa Inggris pertanian, bahasa Inggris perikanan, bahasa Inggris bisnis dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Jurusan Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep mengenai pembelajaran Bahasa Inggris Pertanian melalui pendekatan English for Spesific Purposes (ESP) dan apa dampak yang ditimbulkan berdasarkan persepsinya masing-masing. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan realitas secara tepat dengan kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan data dan analisis data yang relevan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang terdiri dari 10 orang informan siswa yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris Pertanian melalui pendekatan English for Spesific Purposes (ESP) adalah positif, pendekatan ESP merupakan sumber ilmu yang informatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal dan menggunakan bahasa Inggris terkait pertanian. Efek yang timbul berdasarkan persepsi adalah (1) efek kognitif; meningkatkan pengetahuan tentang kata dan istilah pertanian dalam bahasa Inggris, (2) efek afektif; sikap menerima pendekatan ESP sebagai pendekatan yang mudah, menghibur dan menginspirasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris Pertanian (3) efek perilaku; yang dituangkan dalam bentuk perilaku mempraktikkan pendekatan ESP seperti practice drill (menghafal dan mengulang), role play (bermain peran), praktik lapangan, dialog, membaca, dan menghafal di luar kelas.

Published
2023-12-24