Visual Semiotics Pierce’s Triadic Model Pada Ikan Hias Injiel Napoleon

  • Yusri Muhammad Yusuf Jurusan Bisnis, Program Studi Agribisnis Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Budiman Budiman Jurusan Bisnis, Program Studi Agribisnis Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Rahmayati Rahmayati Jurusan Bisnis, Program Studi Agribisnis Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
Keywords: visual, semiotika, object, interpretant.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi komunikasi berdasarkan bahasa pada ikan hias injiel. Secara umum dapat dipahami sebagai suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan yang terjadi antara dua pihak atau lebih yaitu Produsen dan konsumen. Sebagai bahasa, maka efektivitas penyampaian pesan tersebut menjadi pemikiran utama seorang pendesain komunikasi visual. Pengambilan data primer diperoleh dengan tekhnik wawancara secara mendalam kepada produsen dan konsumen ikan hias injiel; dan berupa dokumen teks (daftar hias injiel). Hasil penelitian ini menunjukkan semiotika visual Pierce merupakan organ vital dalam tubuh bidang pemasaran ikan hias, selalu menjadi incaran utama di bidang perikanan dijadikan sebagai iklan yang mampu menjadi daya tarik atau memikat perhatian yang tentunya akan berdampak kepada volume penjualan. Wujud sesuatu ikan hias yang ingin direpresentasikan dinamakan dengan Object yang di dalamnya terdiri dari icon adalah tanda berdasarkan 2 kemiripan, indeks adalah kategori tanda yang dilahirkan berdasarkan sebab dan akibat, sedangkan simbol adalah sistem tanda yang bersifat konvensi. Sebuah tanda yang muncul atau dilahirkan tentu memliki makna yang memungkinkan seseorang untuk menafsirkannya disebut dengan interpretan. Penafsiran yang masih bersifat kemungkinan disebut dengan Theme suatu penafsiran apabila sudah memiliki suatu kebenaran dinamakan dengan disent sedangkan argument adalah kebenaran suatu tanda yang ditafsirkan sudah sesuai dengan konsep dan aturan secara umum atau konvensi. Selama proses pemasaran ada hal penting yang tidak boleh diabaikan, yaitu persepsi konsumen mengenai kualitas pemasaran.

Published
2023-12-24